Kamis, 11 Mei 2017

Materi Komunikasi Data

KOMUNIKASI DATA



  •           Pengertian Komunikasi Data   

                                                                                                                                                                   komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer,laptop,printer dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan denganperalatan.

  •       Keragaman Komunikasi 
       
    Komunikasi Audio
      
         Media komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : telepon, radio dan tape recorder.
Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan.

Komunikasi Video 

         Media komunikasi video adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui visual atau penglihatan  ,komunikasi memungkinkan semua orang untuk bertemu pada saat yang sama tidak peduli zona waktu, komunikasi video memungkinkan anda untuk melakaukan sesuatu tampa harus bertemu dengan si received atau si penerima, anda bisa mengirim  dan menyampaikan sebuah informasi kepada siapa pun dengan cepat ,  contoh : seperti televise/TV ,misalkan ada sbuah acara berita tau NEWS, yang menyampaikan hasil informasi yang mereka dapatkan ,dan dapat di beri taukan kepada siapapun secara visual atau video, dengan menggunakan media komunikasi video.

Komunikasi Audio Video 

        Komunikasi audio Visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan-pengolahan pesan-pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Contohnya seperti televise,VCD player,DVD player,computer dan lain-lainnya yang bisa di gunakan untuk memvisualisasikan sekaligus memperdengarkan isi pesan dan informasi tersebut. Bentuk aplikasinya dari komunikasi visual itu bias berbentuk film yang bersifat entertain maupun informative dan iklan seperti yang kita sering lihat di televise.

Komunikasi Data

       Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan. Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.

  • RINGKASAN KOMUNIKASI DATA

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat seperti komputer, laptop, printer dan alat komunikasi lain) dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data yang terhubung dalam sebuah jaringan baik lokal maupun yang luas, seperti internet.komponen - komponen pada suatu sistem komunikasi data, yaitu :
1.    Data
2.    Pengirim (Tranceiver) 
3.    Media Transmisi 
4.    Penerima (Receiver) 
5.    Protokol

Komunikasi data merupakan gabungan 2 macam teknik, yaitu : teknik telekomunikasi & teknik pengolahan data. Teknik telekomunikasi adalah semua kegiatan yg berhubungan dg penyampaian informasi, sedangkan teknik pengolahan data adalah semua kegiatan yg berhubungan dg manipulasi atau pengolahan data, spt : entry, edit, delete, searching, dll.

  • Tipe sinyal Komunikasi data ada 2, Yaitu : 

Sinyal Analog
Sinyal analog merupakan sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang dua Parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi.Sinyal Digita
Sinyal Digital                                                                                       sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. 

Perbedaan Signal Digital dan Signal Analog :

Signal Digital
  • Dirancang untuk data dan suara
  • informasi discrete-level
  • kecepatan tinggi
  • overhead rendah
  • setiap sinyal digital dapat dikonversi ke analog
Signal Analog
  • dirancang untuk suara (voice)
  • tidak efisien untuk data
  • kecepatan relatif rendah
  • overhead tinggi
  • setiap sinyal analog dapat dikonversi ke bentuk digital
  • banyak terdapat noise dan rentan kesalahan (error)
Berdasarkan cara penyampaiannya informasi, bentuk komunikasi                                 terbagai atas 2 macam,yaitu :
1.    Komuniksi dari titik ke titik (point to point communications) 
Informasi yg disampaikan oleh pengirim hanya diberikan kpd 1 penerima saja.
Contohnya : telepon, telex, faxcimile, pager.
2.    Komuniksi dari 1 titik ke segala arah (broadcast communications)
Informasi yg disampaikan oleh pengirim dpt diterima oleh siapa saja yg membutuhkan informasi tersebut. Contohnya : komunikasi siaran radio dan televisi.

  • Arah Transmisi
Unicast : Satu titik ke titik lainnya, contoh Telephone.
Multicast : Satu titik ke beberapa titik, contoh TV (Television).
Broadcast : Satu titik ke banyak titik.


    • Media Transmisi

    1. Guided (media terpandu, menggunakan kabel, contoh kabel UTP, STP,Coaxial, FO)
    2. Unguided (media tidak terpandu, menggunakan gelombang elektromagnetik, contoh Infared, Bluethooth)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar